PKL di Kanal Banjir Timur Bersikeras Tak Ingin Pindah

JAKARTA, NIATNews –  Sepanjang Jalan Kanal Banjir Timur (KBT) di Cipinang Indah, Jakarta terlihat sepi dari rombongan Pedagang Kaki Lima (PKL) – hanya ada beberapa kendaraan mobil dan motor yang lalu lalang (1/4).  Hal tersebut dikarenakan Petugas Satpol PP kerap melakukan penertiban PKL untuk tidak berjualan di sepanjang jalan demi ketertiban umum.  Namun, sebagian PKL masih bersikeras tak ingin pindah. 

Sepi PKL, BKT, Jakarta Timur

Beberapa PKL tetap nekat untuk melakukan aktivitas berjualan di pinggir Jalan KBT walau penertiban oleh Satpol PP ini sudah berjalan sekitar 1 bulan. Bapak Joko Sri Widodo, penjual bakso di wilayah KBT, mengaku sudah berjualan di wilayah tersebut sejak 1986 – jauh sebelum KBT dibangun.

“Orang -orang yang digusur dulu itu semua langganan saya. Kayaknya kalau saya digusur udah ngga bisa. Mangkanya kalau kadang-kadang Satpol PP nyuruh pergi, saya ngotot. Kalau disuruh pindah terus dikasih tempat buat dagang sih tidak apa-apa” ucap Joko Sri Widodo yang mengaku bernasib beda dengan Gubernur DKI meski namanya hampir sama.

Penertiban ini diakui menjadi dilema. Di satu sisi, penertiban  membuat pengguna kendaraan sedikit lega karena lalu lintas jalan tidak tersendat akibat padatnya PKL. Namun, di sisi lain, para PKL terpaksa kehilangan tempat pencaharian pekerjaan sehingga berdampak langsung pada penghasilan mereka sehari-hari.

 “Sekarang penghasilan kotor saya dalam sehari hanya 300 ribu – yang tadinya mencapai 600 ribu lebih” tutur Bapak dua anak ini.

Meski tanah di wilayah tersebut milik Pemerintah  Daerah, PKL mengaku mengantongi izin berjualan dari pejabat RT/RW setempat. Kurang lebih 300 PKL di bantaran KBT membayar uang sewa tempat sebesar Rp. 5.000,- kepada RT/RW setempat setiap hari.

“Saya juga tadinya diajak untuk meminta kebijakan kepada Jokowi besok (hari ini – red), tetapi saya segan.  Paling juga ngga dapet (lahan). Tapi kalau sampe dapet, memang Pak Jokowi baik sekali kepada rakyatnya” tutupnya. (PI)

One thought on “PKL di Kanal Banjir Timur Bersikeras Tak Ingin Pindah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s